Minggu, 10 Maret 2013

Ini, Daftar Peringkat Indeks Pembangunan Manusia (IPM) per Provinsi di Indonesia


Srie, - Data survei terakhir yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) mengenai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tahun 2011 menempatkan provinsi DKI Jakarta sebagai provinsi dengan peringkat IPM tertinggi di Indonesia, yaitu 77,97.

Pada peringkat lima tertinggi selanjutnya, ditempati oleh provinsi Sulawesi Utara (IPM=76,54), Riau (76,53), DI Yogyakarta (76,32) dan Kalimantan Timur (76,22).

Sementara itu, peringkat lima terbawah diduduki oleh provinsi Papua (IPM=65,36), Nusa Tenggara Barat (66,23), Nusa Tenggara Timur (67,75), Maluku Utara (69,47), dan Irian Jaya Barat (69,65).

Secara nasional, rata-rata IPM Indonesia adalah sebesar 72,77, dengan provinsi Bali (IPM=72,84) dan Jawa Barat (72,73) yang berada di sekitar rata-rata IPM nasional.

Daftar peringkat IPM per provinsi selengkapnya berdasarkan tahun 2011 dapat dilihat pada tabel di bawah ini yang bersumber dari data BPS.



IPM atau HDI (Human Development Index) adalah pengukuran perbandingan dari angka harapan hidup, melek huruf, pendidikan dan standar hidup untuk suatu kelompok masyarakat di suatu negara.

Secara umum, IPM dapat pula dikatakan sebagai angka yang menggambarkan tingkat kesejahteraan suatu masyarakat yang meliputi bidang kesehatan, pendidikan dan pendapatan masyarakat.

IPM digunakan untuk mengggolongkan suatu negara, apakah termasuk negara maju, negara berkembang atau negara terbelakang, dan juga untuk mengukur pengaruh dari kebijakan ekonomi terhadap kualitas hidup.

Pada survei tahun 2011 yang dilakukan oleh UNDP, negara Norwegia, Australia,  Belanda, Amerika Serikat, Selandia Baru, Kanada, Irlandia, Jerman, dan Swedia sebagai negara dengan IPM tertinggi di dunia.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar