Selasa, 01 Januari 2013

Download, PermenegPAN&RB No. 16/2009 tentang Jabatan Fungsional Guru (Materi Presentasi)


Srie,- Ada beberapa hal yang melatarbelakangi terbitnya Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi  (Permenegpan dan RB) No.16 Tahun 2009 yang mengatur tentang jabatan fungsional guru dan angka kreditnya.
Pertama, guru merupakan subsistem penting yang memiliki peran strategis dalam meningkatkan proses pembelajaran dan mutu peserta didik.
Kedua, reformasi pendidikan ditandai dengan terbitnya berbagai undang-undang dan peraturan terkait dengan peningkatan mutu pendidikan.
Antara lain, adalah Undang-undang (UU) No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, UU No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, dan Peraturan Pemerintah Nomor 74 tahun 2008 tentang Guru.
Ketiga, menurut data NUPTK November 2010 terdapat 2.791.204 guru yang perlu ditingkatkan kompetensi dan profesionalitasnya.
Keempat, perlunya dilakukan berbagai penyesuaian dalam mereformasi guru, dan salah satunya adalah dengan diterbitkannya Permennegpan dan RB Nomor 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
Dan kelima, peraturan Permenegpan dan RB No.16 Tahun 2009 merupakan pengganti dari Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 84/1993 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
Permenegpan dan RB ini terbit dalam rangka memberi ruang dan mendukung pelaksanaan tugas dan peran guru agar menjadi guru yang professional. Perubahan peraturan ini diharapkan berimplikasi terhadap peningkatan mutu, kreatifitas, dan kinerja guru.
Peraturan baru ini, terdiri dari 13 Bab dan 47 pasal, yang secara keseluruhan mengandung semangat yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru sebagai tenaga profesional yang mempunyai fungsi untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang No. 14 Tahun 2005 Pasal 4.
Peraturan ini berbeda dengan peraturan sebelumnya yang mengatur tentang jabatan fungsional guru dan angka kreditnya. Apa dan bagaimana perbedaannya itu? Selengkapnya, dapat dibaca dan diunduh pada lampiran di bawah ini dalam bentuk materi presentasi. Semoga bermanfaat.*** [Srie]

Catatan: Materi Presentasi mengenai Penilaian Kinerja Guru (PKG) dapat dibaca dan diunduh di sini



PermenPANRB No. 16 Tahun 2009 -

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar