Rabu, 02 Januari 2013

Download, Materi Presentasi tentang Penilaian Kinerja Guru (PKG)


Srie, Penilaian Kinerja Guru adalah penilaian dari tiap butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka pembinaan karier kepangkatan dan jabatannya. PKG guru dilakukan setiap tahun yang meliputi  14 (empat belas) kompetensi guru pembelajaran,  atau 17 (tujuh belas) kompetensi guru BK / konselor, atau pelaksanaan tugas tambahan lain yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah.
Hasil PKG akan dijadikan sebagai bahan evaluasi diri bagi guru untuk mengembangkan potensi dan karirnya. Hasil PKG, juga akan dijadikan sebagai acuan bagi sekolah untuk merencanakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).
Sedangkan secara nasional, hasil PKG merupakan dasar untuk memberikan nilai prestasi kerja guru dalam rangka pengembangan karir guru sesuai Permennegpan & RB No.16/2009.
Sejak 1 Desember 2010, Mendikbud, Mohammad Nuh telah menerbitkan Permendikbud No. 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kredittnya. Permen ini, sejalan dengan Permenneg-PAN dan RB No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
Disebutkan dalam Permendikbud di atas, bahwa Penilaian Kinerja Guru (PKG) yang mengacu pada Permendikbud ini secara efektif mulai berlaku pada tanggal 1 Januari 2013.
Lantas, bagaimanakah selengkapnya mengenai Penilaian Kinerja Guru (PKG) itu? Lampiran di bawah ini merupakan penjelasan mengenai PKG dari Kemdikbud dalam bentuk materi presentasi yang terdiri atas 39 slide.
Di dalamnya, terdapat antara lain mengenai pengertian PKG, kegunaan PKG, alur pengembangan profesionalisme guru, mekanisme penilaian, format penilaian, hingga simulasi tentang angka kredit dan kenaikan pangkat bagi guru.
Selengkapnya, silakan dapat dibaca atau diunduh pada lampiran di bawah ini. Semoga bermanfaat. *** [Srie]

Catatan:
1.     Materi presentasi mengenai PermenPAN&RB No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya dapat dibaca dan diunduh di sini.
2.     Materi presentasi mengenai Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dapat dibaca dan diunduh di sini.
3.     Permendiknas No. 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya dapat dibaca dan diunduh di sini.




Penilaian Kinerja Guru -

1 komentar:

  1. mohon izin ngopi, semoga imunya berbagi dg di daerah Lampun

    BalasHapus