Kamis, 29 November 2012

Mau Tahu Draft Lengkap Kurikulum Baru 2013? Klik Saja


Srie, - Cukup lama kami menanti. Kapan kira-kira draft lengkap kurikulum baru 2013 dapat diketahui oleh publik. Tentu, kita berharap bukan informasi seputar draft kurikulum baru yang hanya diketahui melalui media massa.
Akhirnya, suatu hal yang ditunggu-tunggu itu datang juga. Meski cukup terlambat, namun kehadiran draft lengkap kurikulum baru 2013 ini patut kita sambut dengan baik.
Sayangnya, hingga saat ini, draft lengkap kurikulum 2013 hanya untuk jenjang SD saja. Sementara untuk jenjang SMP dan SMA belum juga didapatkan. 
Inilah draft kurikulum baru 2013 selengkapnya untuk jenjang SD/MI, silakan untuk langsung diunduh dengan cara diklik pada kalimat tautan di bawah ini.

Jika ingin mengunduh per bagian untuk kurikulum 2013 SD, silakan unduh dengan meng-klik tautan berikut ini:
§  Agama

Sementara itu, untuk draft selengkapnya Kurikulum 2013 untuk SMP, SMA, dan SMK belum diperoleh. Bila ingin memperoleh dalam bentuk draft terbatas (materi presentasi/powerpoint) saja silakan klik di sini: 

- Draft Kurikulum SMP , 

- Draft Kurikulum SMA, 

- Draft Kurikulum SMK

Selamat mengunduh, membaca dan mengkritisi draft tersebut untuk dapat memberikan masukan, saran atau kritik demi perbaikan kurikulum yang kini sedang memasuki tahap uji publik.
Semoga, peringkat pendidikan Indonesia tidak terus menempati salah satu yang terendah di dunia ini sebagaimana yang diberitakan di sini.
Semoga bermanfaat. *** [Srie]

15 komentar:

  1. Ibu...blognya bagus banget dan lengkap, mohon ijin untuk download draft kurikulum SD 2013. Maaf Bu...untuk draft peleburan IPA dan IPS SD apa belum ada ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terkait mapel IPA dan IPS, sbelumnya ada 2 alternatif: 1. Dihapus, lalu diintegrasikan dg mapel lain spt B. Indonesia n PPKN, dan 2. IPA n IPS ttp ada khusus utk Kelas V-VI SD.

      Agaknya, Kemdikbud lbh condong alternatif 1, shgga draft alternatif 2 blm saya dptkan.

      Sblumnya, mmg ada alternatif IPA n IPS dilebur mjd 1 mapel trsendiri. Tp ini tdk blnjut.

      Tks. apresiasinya, salam

      Hapus
  2. Terimakasih atas kurikulum baru, semoga dapat diterapkan dengan baik

    BalasHapus
  3. Ha........ Indonesia jadi tambah kuper nih dalam bidang sains. Padahal Menterinya dari teknik lho. wah........ gak jadi deh ada Habibie generasi berikutnya

    BalasHapus
  4. Terima kasih atas informasinya. Pembaharuan kurikulum ini sangat bagus saya sangat setuju karna kurikulum ini lebih terarah tujuan'y dari adanya pendidikan itu sendiri yaitu mendidik (generasi anak bangsa).
    1.Ditinjau dari aspek afektif sangat menunjang generasi anak bangsa dalam membiasakan diri untuk lebih memiliki sikap-sikap/perilaku positif (sesuai nilai-nilai pancasila).
    2. Ditinjau dr aspek psikomotor sangat menunjang generasi anak bangsa membiasakan diri untuk berinteraksi dgn sesama yang tentunya tertuju pada pengembangan keterampilan/kemampuan dalam hal-hal positif.
    3. Ditinjau dari aspek kognitif sangat menunjang generasi anak bangsa membiasakan diri untuk kritis berfikir tentunya dalam hal-hal yang bertujuan positif

    TERIMA KASIH.... LANJUKAN

    BalasHapus
    Balasan
    1. terarah ke mana pak.... yang ada anak-anak kita tambah bingung, kebayang nggak kalau pas masuk smp dia baru tahu apa itu ipa, apa itu ips, tahu-tahu dia dapat materi smp. belum lagi bahasa inggris, di sd dihapus tapi di smp dimasukkan ujian nasional... kasihan betul anak-anak indonesia. katanya generasi penerus bangsa, tapi dibuat kuper sama menterinya sendiri.

      Hapus
    2. kurikulum terpadat ya di negara kita, apa pun kurikulumnya guru sangat menentukan keberhasilan pembelajaran

      Hapus
  5. Mohon informasi untuk Kurikulum SMK kelompok Pariwisata. Jujur saja saya bingung. Kurikulum yang baru harus dilaksanakan dalam waktu kurang dari 5 bulan ke depan, tp sampai skr blm tau perubahan Kurikulum untuk SMK kelompok Pariwisata. Saya sudah mencoba mencari tp g dpt2. semoga Ibu bisa membantu. trims

    BalasHapus
  6. Mohon informasi untuk Kurikulum SMK kelompok Pariwisata. Jujur saja saya bingung. Kurikulum yang baru harus dilaksanakan dalam waktu kurang dari 5 bulan ke depan, tp sampai skr blm tau perubahan Kurikulum untuk SMK kelompok Pariwisata. Saya sudah mencoba mencari tp g dpt2. semoga Ibu bisa membantu. trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf, sampai saat ini saya pun belum dpt draft lengkap scra rinci ttg kurikulum baru utk jenjang SMK/Pariwisata. Jika sdh ada informasi mngenai hal tsb, nanti akan dipublish/diberitahu. Pelatihan kurikulum baru mulai dilakukan pd April 2013 utk guru kelas IX SMA/SMK.

      Terima kasih, salam persahabatan

      Hapus
  7. kami belum dapat draf kurikulum untuk sma,kami guru pkn mau mengetahui berapa jumalh jam pkn perminggu dfalam draf kurikulum baru nanti,mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jumlah jam PKN dlm draft Kurikulum 2013 utk kelas X,IX dan XII adalah 2 jam per minggu.

      Coba klik di sini: Draft Kurikulum SMA

      Terima kasih, salam

      Hapus
  8. Kurikulum 2013 jelas tidak memperhatikan kondisi obyektis siswa kita yang sebagian besar kurang sehat/kurang gizi sehingga daya serap rata-rata siswa kita rendah terutama di wilayah urban-perk0taan dan kawasan terpencil dan pedalaman. Sehingga tanpa memperhitungkan kemampuan fisik dan PSIKIS anak, penambahan waktu belajar akan menjadi beban psikologi tersendiri bagi anak.
    Belum lagi penghapusan TIK di SMP dan SMA akan melahirkan generasi GAGAP TEKN0L0GI yang menenggelamkan penguasaan IPTEK sebagaimana diisyaratkan UU SISDIKNAS. Penggunaan TIK sebagai media pembelajaran membawa masalah krusial baru yakni; Belum semua guru mata pelajaran dapat mengoperasikan media TIK, Ketersediaan peralatan TIK yang terbatas dan tidak merata. Disamping itu, guru dan siswa akan terjebak antara mengajarkan/mengenalkan cara penggunaan peralatan TIK dan bahan ajar mata pelajarannya.

    BalasHapus
  9. Mata pelajaran untuk SD seharusnya terdiri dari:1.Agama dan Budi Pekerti yang terdiri dari pendidikan agama dan Kewarganegaraan yang terintergrasi 2.Ilmu sosial yang terdiri dari IPS,dan Bahasa Indonesia yang terintergrasi3.Science terdiri dari Matematika dan IPA 4.Pendidikan Jasmani 4.Seni dan Ketrampilan 5.Muatan Lokal.

    BalasHapus