Rabu, 14 November 2012

Kurikulum Baru SMP, Mapel TIK Dihapus


JAKARTA, KOMPAS.com - Pada Juni 2013 nanti, para guru dan siswa akan menjalankan kurikulum baru. Kurikulum untuk berbagai jenjang pendidikan mengalami perubahan termasuk di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP).
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, mengatakan bahwa perkembangan teknologi saat ini sangat pesat. Untuk itu, mulai jenjang SMP, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) akan dijadikan sarana pembelajaran pada semua mata pelajaran.

"Jadi TIK menjadi media semua mata pelajaran untuk jenjang SMP ini sehingga anak-anak juga bisa mengenal teknologi dengan baik," kata Nuh saat jumpa pers di Kantor Kemdikbud, Jakarta, Selasa (13/11/2012).
"Tidak ada pelajaran komputer sendiri. Itu semua diintegrasikan dengan mata pelajaran lain," jelas Nuh.
Rencananya, pihaknya akan mendorong agar tiap sekolah dilengkapi dengan perangkat komputer dan sambungan internet sehingga memudahkan anak-anak dalam menerapkan TIK yang menjadi media dalam tiap mata pelajaran.
"Seharusnya seperti itu. Komputer paling tidak tiap sekolah harus punya untuk anak didiknya," ungkap Nuh.
Meski sarana pembelajarannya ditekankan dengan TIK, pendekatan yang dilakukan pada tingkatan ini tidak jauh berbeda dengan pendekatan pada pendidikan dasar. Sains tetap menjadi penggerak dan terintegrasi dengan mata pelajaran lain.

Kendati demikian, IPA dan IPS telah muncul sebagai mata pelajaran yang berdiri sendiri. Begitu pula dengan bahasa Inggris yang mulai diajarkan untuk membentuk ketrampilan bahasa dan masuk dalam struktur kurikulum baru sebagai mata pelajaran yang berdiri sendiri.



Dengan perubahan kurikulum ini, 12 mata pelajaran yang dulu diajarkan pada tingkat SMP menjadi berkurang menjadi 10 mata pelajaran yaitu Agama, PPKn, Matematika, Bahasa Indonesia, Seni Budaya, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, IPA, IPS, Bahasa Inggris dan Prakarya.


Sementara untuk mata pelajaran pengembangan diri, seperti TIK akan diintegrasikan ke semua mata pelajaran. Tidak hanya itu, penilaian pada jenjang sekolah ini juga sedikit mengalami perubahan. Hasil karya atau portofolio anak-anak ini akan dijadikan instrumen untuk penilaian juga.
"Ini untuk mendorong agar anak-anak bisa kreatif. Karena itu ada mata pelajaran Prakarya dalam kurikulum baru ini," tandasnya.
Editor :
Caroline Damanik

Catatan:
1. Draft penghapusan mapel TIK di SMP, kemudian memunculkan mapel baru Prakarya, sekilas dapat dilihat di sini, klik saja.

2. Tanggapan terhadap hal ini: Tidak ada alasan kuat Mapel TIK dihapus!

57 komentar:

  1. Pak mentri bagaimana nasib guru pengajar TIK yang sudah tersertifikasi.Mohon itu difikirkan pak jangan hanya buat kebijakan2 dan kurikulum2 baru.

    BalasHapus
  2. Ganti kurikulum, selalu ada yg dikorbankan ya bu.

    Terima kasih tlh hdir di sini.

    BalasHapus
  3. menurut saya ada udang dibalik batu ...

    BalasHapus
  4. kemungkinan ada udang dibalik batu ...

    BalasHapus
  5. malah dihapus.. aneh sumpah

    BalasHapus
  6. asal bukan ada uang di balik palu

    BalasHapus
  7. Pak Menteri yg terhormat...tolong berpikir yg baik, jangan asal enaknya mengambil suatu kebijakan2 yg bisa mengorbankan banyak orang. krn mengapa?? Apabila matpel TIK dihapus mau dibawa kemana guru2 yg mengambil jurusan TIK apalagi sdah di sertifikasi dan bagaimana nasib ribuan mahasiswa yg sementara mengampuh Jurusan TIK di beberapa Universitas !! Sekali lagi Tolong Bapak BERPIKIR...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau guru TIK yang sudah sertifikasi mungkin tidak terlalu masalah karna kemungkinan ada jaminan dari Pak Mentri untuk di alihkan ke posisi lain, yang benar2 galau ya guru honorer seperti saya ini, minta jaminan ke siapa???

      Hapus
  8. @Anonim. Aneh ya? Tunggu menteri baru, nanti Mapel yg hlg diadakan lg pd kurikulum baru lg, kali... hehe

    Terima kasih, salam persahabatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya mungkin akan lebih menyenangkan pembelajaran TIK nya. Memang secara kurikulum dihilangkan karena diintegrasikan ke smua pelajaran, tetapi ini berarti semua mata pelajaran harus ada bagian teknologinya di dalam rencana pembelajaran mereka. Nah sekolah harus memfasilitasi hal tersebut dengan memberikan jam "praktikum" di lab komputer untuk setiap mapel dan ini berarti bahwa guru TIK harus meng-upgrade dirinya agar pengetahuan yg dimiliki di bidang TIK semakin kaya untuk memenuhi permintaan tiap mapel di sekolah dengan adanya integrasi TIK ke tiap mapel. Untuk saya ini adalah hal yang baik

      Hapus
    2. GPK!
      Sampai kapan harus seperti itu, nantinya lama" Anda lagi yang dihilangkan.

      Hapus
  9. @bu qidalayaw. Apa kabar?

    Mmg ada, udang di balik palu? Mafia hukum ya? hehe..

    Terima kasih, senang bs jumpa kembali.
    Salam persahabatan


    BalasHapus
  10. @Pak @Sutipagalagala. Kebijakan itu, mmg sangat menyakitkan ya Pak.

    Semoga, ada jln keluarnya, walau pastinya tlh merugikan guru2 TIK, apalagi yg tlh tersertifikasi.

    Salam persahabatan

    BalasHapus
  11. Guru2 TIK berwiraswasta saja buka Service Komputer...(seperti saya)

    BalasHapus
  12. Memang terlalu Kemendikbud, kan belum semua guru Mata Pelajaran menguasai Keahlian Komputer. Belum selama ini siswa dan guru banyak yang memehami keahlian TIK cuma untuk sosial media dan belum menyentuh ke aplikasi yang lebih berbobot.

    BalasHapus
  13. sungguh kebijakan yang sangat amat tidak bijak.....

    BalasHapus
  14. guru tik mungkin nanti alih profesi jadi tutor bagi guru yang lain...

    BalasHapus
  15. jangan kuatir, semua guru TIK smp akan di jadikan pengawas......

    BalasHapus
  16. menterine ndeso......TIK dihapus trus muncul pelajaran prakarya....kayak kurikulum tahun 70-an.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prakarya nya membuat apem , wkwkwk

      Hapus
    2. kebijakan wedul gembes.. :P

      Hapus
    3. gara-gara ada siswa tawuran kurikulum diganti...klo ada guru tawuran menterinya di ganti aja...

      Hapus
  17. saya sangat setuju dan seharusnya semua mata pelajaran di hapus semua karena tidak ada manfaatnya tapi menteri harus kembangkan mata pelajaran tawuran, korupsi, agar semakin hancur dan tertinggal negara ini dan menjadi negara barbar dan bodoh

    BalasHapus
  18. Betul Pa Opphie... Pendidikan di kita ini hanyalah kedok. Sekarang sudah ada istilah "Yang tidak korupsi itu Riya (ingin dipuji)" gimana ini? siswa jadi barbar tetap dipelihara dengan alasan HAM, UN hanya ajang tipu tipuan demi harga diri sekolah dan daerah,tunjangan meningkat kualitas melorot... negeriku tercinta... apa dosamu ? 9 tahun jadi honor madesu !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebohongan, ajang politik,ajang bisnis,na'udubilllah

      Hapus
  19. Terima kasih, untuk ibu/bpk/sdr, dhe tunggul, Opphie, dll yg tlh memberikan komentar pd artikel ini. Semoga, mjd bagian dr kepedulian kita thdp dunia pendidikan. Khusus, utk @Anonim, tkait dg UN, ada link khusus (meski lama) ttg hal tsb, http://www.srie.org/2011/04/un-pelajaran-menjadi-malaikat-dan.html#more

    Salam persahabatan :)

    BalasHapus
  20. sejarah/ips yang dihilangkan,cos kalau ngalamar kerja yang ditanyakan ktrampilan Komputer

    BalasHapus
  21. satu belum tuntas, dah beralih lagi. Memang TIK pelajaran tentang teknologi, Notabene perkembangan teknologi lebih cepat dari pada alat teknologi yang dimiliki. Itu hanya sebagian saja yang menguasai, yang lain ???? tetep butuh bimbingan..

    BalasHapus
  22. Sekolah menjadi ajang bisnis..... nilai akhir menjadi sebuah kenikmatan rekayasa....Pendidikan dijadikan objek untuk mencari keuntungan... pembodohan oleh para pendidik... metaforgana pendidikan menjadi ajang mimpi... masa depan anak bangsa yang menjadi korban..

    BalasHapus
  23. NEGARA LAIN MENGAJARKAN TEKNOLOGI KEPADA PELAJARNYA SEJAK DINI. BAGAIMANA DI NEGARA INI???????
    PANTAS SAJA KITA SELALU TERTINGGAL..

    BalasHapus
  24. Bagaimana dengan nasib guru TIK Honor seperti saya? :)

    BalasHapus
  25. yg sudah PNS gak sah kuatitr, gak bakalan di PHK kok, sertifikasi emang klo gak dpt sertifikasibakalan mati gitu? 10 th yll gak ada sertifikasi aja msh hidup kan

    BalasHapus
  26. mapel tik seharusnya tidak dihapus justru kurikulumnya harus diperbaharui mengikuti perkembangan, kalo alasan p.menteri siswa sudah bisa menggunakan tik apa bedanya dengan mapel lain misalnya penjas siswa biar tidak ada gurunya tetap bisa olah raga tidak perlu diajar siswa bisa belajar sendiri.

    BalasHapus
  27. oke kalo memang benar2 dihapus, kita bisa apa, suara2 kita kadang tidak didengar, dia maju terus pantang mundur, tapi daripada memfasilitasi komputer terus2an di setiap sekolah,mbok ya memikirkan bangunan sekolah di pelosok2 negeri yang tinggal rubuh saja. jangan dipikirkan sekolah yang kota-kota saja, yang pelosok juga dipikirkan, kalo semua sudah rata,bangunan juga bagus,guru bagus,seragam juga semua nya terpakaikan siswa,baru samaratakan semua sekolah ada komputer. kwkwkwkwk.

    BalasHapus
  28. gilak yach, klw tik mau dijadikan media untuk semua mata pelajaran, berarti guru-gurunya mesti belajar lg untuk memahami, MAKAN waktu donk, pd hal GURU TIK sudah bisa dan faham, bahkan yg diajarkan guru TIK selama ini bukan siswa aja tp sekaligus sama GURU2 bidang study laen,apa tidak ada kebijakan yg lain pak M.Nuh.....???

    BalasHapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  30. aprilia khoirunnisa28 November 2012 14.48

    saya tidak setuju kalau pelajaran TIK harus dihilangkan atau dihapus.

    BalasHapus
  31. Rizki Ferdi Pratama28 November 2012 15.05

    Saya sangat tidak setuju karena tik adalah pelajaran yang sangat dibutuhkan untuk pendidikan mengenal komputer dan dapat mendapatkan informasi bagi remaja" indonesia. karna itu kami sangat butuh pelajaran TIK

    BalasHapus
  32. indonesia akn jd ngara ap pak,??
    kalau b.jawa akan d hps anak2 gg taw span sntun,!!
    mhn bgaimna ituw,??

    BalasHapus
  33. Karina indah P.29 November 2012 17.21

    Kalau misalkan pelajaran TIK di hapus , jadi apakah bangsa ini tanpa mengerti arti komputer itu ???

    BalasHapus
  34. pak mentri saya siswa smp dan mengapa pelajaran tik akan di hapus kami tidak bisa belajar tik dan bagai mana guru tik di indonesia akan kehilangan pekerjaan bukan saya sombong ayah saya mengajar tik.tik cuman satu perkerjaan ayah saya bagai mana saya tidak setujuh bila pelajaran tik
    wss IZZANI terimakasih

    BalasHapus
  35. Pak Mentri, siapa yang akan menuntun anak didik mengikuti perkembangan teknologi TIK, upgrade TIK tidak pernah berhenti. TIK bukan hanya sarana alat komputer/leptop dan internet. Tetapi banyak yang harus dipelajari di sana. Generasi kita bukan hanya mengunduh saja tetapi mereka harus bisa menciptakan. Anak-anak kita kelak bukan hanya sebagai pemakai teknologi komputer tetapi dihantar supaya bisa "create" istilah dalam pemrograman

    BalasHapus
  36. mentri sarap!! semua mata pelajaran juga kalo mau dianggap bisa, ya hapus aja semuanya!! bapak jangan membuat batasan dari diri sendiri dunk!! lihat orang lain, anak-anak!! mereka bisa TIK cuma sebagai USER!! bisa BAHASA INDONESIA yo cuma NGGAMBLEH doank!! bisa matematika juga cuma NGITUNG UANG JAJAN buat ke MALL! bisa olahraga juga cuma TAWURAN!! ingat pak di alam baka kita gak tahu bagaimana nasib kita, tidak ada yang pernah hidup kembali untuk memberi tahu!! jangan terlalu banyak berbuat DOSA, dengan menyiksa orang lain!!

    BalasHapus
  37. kalau menurut saya, terlalu egois jika memikirkan diri sendiri yang merasa sangat dikorbankan jika mapel TIK dihilangkan dari kurikulum SMP.
    saya yang berkomentar adalah seorang S.Kom + S.Pd + Honorer disebuah sekolah negeri di Sulawesi Barat.
    Pikirkanlah anak didik kita. bagaimana dengan anak-anak dari keluarga kurang mampu yang tidak mampu memiliki perangkat komputer pibadi? akan berapa lama para pendidik mengelola kemampuan TIK-nya di sekolah agar mampu mengejar ketinggalan dalam pengerjaan tugas-tugas sekolah yang membutuhkan media TIK? Mapel Khusus pengembangan diri yang menjadi tempat integrasi Mapel TIK tidaklah akan mampu mengalokasikan waktu untuk TIK.
    jadi bapak Muhammad Nuh, bapak seorang Islam, bukan Yahudi, tapi kenapa pikiran bapak dirasuki oleh pemikiran-pemikiran Yahudi?

    BalasHapus
  38. jaman sekarang ja ada komputer dan ada mapel TIK sebagian orang tetap aja gaptek, apalagi nanti mapel TIK dihilangkan bisa2 para siswa galtek(galau teknologi)

    BalasHapus
  39. gmn pak M.Nuh tutup buku akhir tahun keluarkan NUPTK formasi agustus 2012,malah bwt sensasional MAPEL TIK ditiadakan.seharusnya seorang mentri turjun kelapangan langsung biar lihat nasib guru2 didaerah!!

    BalasHapus
  40. Pa Menteri yang benar aja!
    Guru Sertifikasi yang katanya Frofesional aja 90% tidak dapat menguasai komputer dengan baik (Bukan Guru TIK)terbukti pada UKG 2012, terus gimana mereka mau mengajar TIK bersamaan dgn Mapelnya kepada Siswa.

    Janganlah mengambil keuntungan diatas pendaritaan banyak Orag.

    Kalau Bpk. mau uang bilang aja nanti Kami Siswa/i seIndonesia memberi sumbangan asalkan Mapel TIK jangan dihapus.

    BalasHapus
  41. Si mentri ini cari duit untuk. Kekayaan karna thun 2014 udah g jadi mentri lagi... Oleh karena itu gaji guru tik dia yg makan.... Hahahaha dasar perbuatan yg keji!!!! Mentri setan!!!

    BalasHapus
  42. Hal positif telah anda lakukan

    BalasHapus
  43. PAK MENTRI JANGAN LIAT DI KOTA NYA YANG UDAH LENGKAP FASILITASNYA, lenkapi dulu yang di desa kecamatan
    terus nasib guru TIK gmna pak MENTRI,,,

    BalasHapus
  44. Mungkin bapak menteri cuma melihat kalau pengaplikasian TIK di sekolah2 cuma sekedar penggunaan software2 dasar seperti microsoft office, padahal banyak sekolah2 bahkan sudah mengajari dasar-dasar pemograman atau desain grafis, nah banyak sekali bab - bab yang tidak bisa di intregasikan dengan mata pelajaran lainnya. padahal bab2 tersebut sangat berguna bagi siswa-siswa. yang jadi masalah selanjutnya, yang sudah jadi guru apalagi sudah disertifikasi mungkin bisa menjadi guru mapel lain, masalahnya kalau guru honorer atau bahkan mahasiswa yang sekarang sedang menempuh pendidikan tik bagaimana nasibnya??
    kasihan dong udah kuliah mahal-mahal tapi akhirnya pekerjaan tidak sesuai dengan bidang yg ditekuni.
    mungkin bisa dipertimbangkan pak, apalagi kabarnya Mulok juga di hapuskan, kalau mulok tidak dihapus kan bisa TIK masuk di mulok, meski tidak nyambung tapi disambung-sambungin juga gak apa apa deh hehehe
    terima kasih

    BalasHapus
  45. Setiap perubahan pasti menimbulkan keresahan antara pro dan kontra, biasakah? mungkin saja?, dihapus apa iya?, keberadaan TIK kedepan masih diperlukan. Saya yakin kebijakan tidak akan merugikan banyak orang.
    Mari kita lihat teknologi ke masa depan silakan kunjungi http://pcahyono.blogspot.com/2013_02_01_archive.html

    BalasHapus
  46. tahun 2013, indonesia mengalami kemunduran dalam bidang teknologi, contohnya : lulusan siswa SMP pada tahun 2012 sudah mengenal jaringan komputer,hardware, software,dsb. nah.... yang lulus ditahun 2014 nanti hanya mengenal power point / office yang dipresentasikan oleh gurunya melalui infokus.
    yang tadinya mereka menjadi programer (menciptakan), sekarang jadi USER (pengguna komputer.

    " kalo masalah guru TIK kehilangan jam mengajar itu gak masalah, masih banyak pekerjaanya dirumah yaitu nyervice laptop tetangga mungkin lebih besar honornya hehehehe...."

    BalasHapus
  47. tahun 2013, indonesia mengalami kemunduran dalam bidang teknologi, contohnya : lulusan siswa SMP pada tahun 2012 sudah mengenal jaringan komputer,hardware, software,dsb. nah.... yang lulus ditahun 2014 nanti hanya mengenal power point / office yang dipresentasikan oleh gurunya melalui infokus.
    yang tadinya mereka menjadi programer (menciptakan), sekarang jadi USER (pengguna komputer.

    " kalo masalah guru TIK kehilangan jam mengajar itu gak masalah, masih banyak pekerjaanya dirumah yaitu nyervice laptop tetangga mungkin lebih besar honornya hehehehe...."

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener cuy indonesia banyak mundurnya, dikira dah bisa fban twitteran ama maen gem online dah cukup kali, klo bener di hapus ntar tunggu aja servisan komputer gara2 sebab2 yg lucu

      Hapus
  48. Kampus UNY Yogyakarta tahun 2003 membuka jurusan Pendidikan Teknik Informatika, wah bakalan tutup jurusan ini. Hehehehe

    BalasHapus
  49. dan suatu saat pas pelajaran biologi ada yang bertanya "Pa klo gunanya chipset buat apa ya?, RAM efeknya apa ke komputer?, VGA gimana cara kerjanya, program tuh gimana buatnya?, biner itu apa?"

    mapel TIK dulu yg bikin saya semangat ke sekolah disitu saya banyak ingin tahu soal komputer, isi dan cara kerjanya, bukan cuma make doang kebetulan waktu itu memang belum punya hehehehe tapi itu yang membuat saya ingin tahu

    BalasHapus