Jumat, 30 November 2012

Kurikulum Baru: Draft Perubahan Mapel SMA


Srie, - Meski draft kurikulum baru tahun 2013 sudah dipublish, namun masih ada juga di antara rekan guru atau unsur masyarakat lainnya yang masih bertanya-tanya mengenai hal tersebut.
Umumnya, mereka bertanya secara khusus mengenai rencana perubahan mata pelajaran (mapel) di tingkat SD, SMP atau SMA/SMK.
Apa sajakah yang berubah?
Untuk struktur kurikulum SD, terdapat dua alternatif, terutama berkaitan dengaan mapel IPA dan IPS. Alternatif 1, mapel IPA dan IPS ditiadakan sama sekali, namun isi materinya diintegrasikan dengan mapel lainnya seperti Bahasa Indonesia atau PPKN. Alternatif 2, mapel IPA dan IPS diadakan hanya pada kelas 5 dan 6. 
Untuk struktur kurikulum SMP, perubahan yang paling menonjol adalah dihapuskannya mapel TIK sebagai bagian dari mapel inti (Kelompok A). Mapel baru yang muncul adalah Prakarya yang digolongkan sebagai muatan lokal (kelompok B) bersama mapel Seni Budaya dan Penjas-orkes.
Untuk melihat draft perubahan mapel SD dan SMP silakan klik di sini
Sementara itu, struktur kurikulum SMA hampir tidak mengalami perubahan, kecuali terkait pada sejumlah isi, antara lain maslah penjurusan, UN, dll. Simak saja selengkapnya.

Untuk dapat membaca dan mengunduh (download) Kompetensi Dasar untuk SMA/MA Kurikulum 2013, silakan klik di sini. *** [Srie]




Bagi yang belum memperoleh dokumen lengkapnya silakan dapat mengunduhnya di sini.
Demikian, semoga bermanfaat. *** [Srie]

6 komentar:

  1. Perubahan kurikulum akan mengorbankan guru TIK sebagai tenaga pendidikan dengan hapusnya mapel TIK dari struktur kurikulum 2013. Berikan pertimbangan kepada pemangku kekuasaan bahwa kebijakan tsb tidak tepat. partisipasi anda dapat disalurkan dilakamat : http://kurikulum2013.kemdikbud.go.id/

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurikulum ini semakin hari ga jelas.........
      ga tau lagi mau kemana arah pendidikan indonesia ya....
      klu ga da mapel TIK siswa ya akan jd GAPTEK ( Gagap teknologi)

      Hapus
  2. Dengan pelajaran tik ditiadakan karena diintegrasikan ke dalam bidang studi lain, apa guru pengampu mapel yang di integrasikan akan mengajarkan fungsi semua icon-icon atau menu yang ada di program aplikasi? klo iya trus gimana mapel inti yang dia ampu,apa cukup waktunya untuk menuntaskan materi, mengutip kata bijak "SERAHKAN PADA AHLINYA", semoga bisa jadi pertimbangan bagi penentu kebijakan sehubungan dengan ditiadakan mapel TIK.

    BalasHapus
  3. ganti pemimpin ganti kebijakan ganti kurikulum, bukan masalah kurikulum mana yang lebih baik, semua tergantung cara guru dalam mengajar. TIK mempunyai peranan penting di jaman ini.lita harus jadi seseorang yang kreatif / menciptakan bukan konsumtif. Materi TIK ,merupakan materi pengembangan diri yang baik untuk siswa/siswi kita.

    BalasHapus
  4. kacau semua lahh... kl gini,,TIK dihilangkan... guru TIK ngajar apa???

    BalasHapus
  5. Mendikbud menuntut agar guru yang telah sertifikasi jumlah jam mengajarnya minimal 24 jam,sementara pada struktur kurikulum 2013 secara umum jumlah jam setiap mapel di SMA berkurang,lalu untuk memenuhi jlh jam yang kurang solusinya bagaimana..?? apa perlu ditambah dgn jam tangan,jam dinding,atau bahakan jam gadang yg ada di padang..??

    BalasHapus